Selasa, 19 April 2011

#BERBAGI NILAI SILATURAHMI DALAM MEDIA SOSIAL..

"Pelajarilah (yang cukup) silsilahmu, agar kamu bisa membina tali silaturahmi, karena ,membina tali silaturahmi menambah jalinan kasih sayang diantara keluarga-keluarga, memperbanyak kekayaan dan memperpanjang umur (HR. At Tirmidzi)

Silaturahmi merupakan perintah dari Allah kepada kita makhluk-Nya untuk bersosialisasi dengan sesama manusia, sabda Rasulullah SAW:

 "Barangsiapa yang merasa senang dengan nikmatnya yang bertambah dan lamanya hidup diperpanjang, maka biasakanlah bersilaturahmi" (HR Bukhari).

Beberapa tahun terakhir, situs jaringan sosial seperti Friendster, FB, Twitter dan lain-lain menjadi media saling bersilahturrahim menebas keterbatasan ruang dan waktu.

Al-Ra'ad ayat 21 yang artinya: "Dan orang-orang yang yang menghubungkan apa-apa yang Allah perintahkan supaya dihubungkan (silaturahim) dan mereka takut kepada Tuhannya dan takut kepada hisab yang buruk".

Seberapa sering anda mendengar atau mengetahui kejadian-kejadian yang tidak baik melalui kemudahan situs media sosial? Atau mungkin pernah terjadi pada anda?

Dikarenakan kecepatan jari yang luar biasa ini menyebabkan ngesot yang berakhir salah pengertian.
Atau keterbatasan 140 karakter yang memaksa kita menyingkat kata berujung salah arti.
Atau keleluasaan penggunaan kata 'cyiiiin' 'sayang' yang mengakibatkan perselingkuhan media sosial..*selingkuh di media sosial aja kok,cyiin*

Di sisi positif media sosial bisa menjadi media 'menggerakkan' atau saya lebih senang menggunakan istilah 'menampar' empati.
Membangunkan sisi kemanusiaan yang sempat tertidur dikarenakan kesibukan mencari kebahagiaan duniawi. Contohnya @shoeboxproject @ACTforHumanity
Atau menggemakan kedamaian, kesadaran sosial, kesadaran di bidang pendidikan seperti Atau menggemakan kedamaian, kesadaran sosial, kesadaran di bidang pendidikan seperti @GemaDamaiINA @akademiberbagi @coinachance @sahabatanak.
Banyak juga komunitas untuk merealisasikan rasa kemanusiaan saat bencana seperti @jalinmerapi @smileforwasior @karmanproject @SaveMentawai.

Apakah anda memutuskan untuk menggunakan situs jejaring sosial dengan sisi negatif ataupun positif *karena lagi-lagi hidup adalah pilihan* ada nilai yang terkandung didalamnya yakni NILAI SILATURRAHIM.

Pertanyaannya : Bagaimana atau seperti apa kita mengimplementasikan apa yang diperintahkan Allah dalam Al-Qur'an dan sunah Rasulullah SAW dalam menggunakan jejaring media sosial?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar