Minggu, 25 Maret 2012

Pengalaman Pertama @alfiedo .. Bukan Malam Pertama tapi Apheresis Pertama.

Awalnya saya @Alfiedo AKA MasBRO ikutan #BERBAGI Aferesis bermula dari Twitter @Inagibol , senang dengan tweet-tweet Wiro yg sangat memotivasi utk intropeksi dan inspiratif akhirnya decided untuk follow beliau. Awalnya follow karena tweetnya yang memotivasi utk intropeksi diri , tapi lama kelamaan dengan sering nya Wiro tweet tentang #BERBAGI Aferesis jadi penasaran.

Mulailah muncul di kepala " Apa sih Aferesis? " setelah tahu itu adalah donor darah platelet khusus yang dibiasanya diperuntukan untuk pasien pengidap kanker atau DBD , saya langsung otomatis berpikir TIDAK bisa utk mengikuti kegiatan ini disebabkan SAYA SANGAT TAKUT DENGAN JARUM .

Suatu hari ada kabar bahwa ada anak penderita kanker bernama Theresia (skrg sudah almarhumah) membutuhkan aferesis dengan golongan darah AB+, suatu golongan darah yang "katanya" lebih jarang daripada golongan darah yang lain.

Tepat sekali ada permintaan dari Theresia (kebetulan saya AB juga) , saya sedang dalam phase membuktikan bahwa nothing is impossible, semua ketakutan hanya karena mental block saja. Akhirnya dengan modal nekat bin ngawur saya BBM @Ichafillah seorang activist #BERBAGI utk menyampaikan kepada WIro @Inagibol kalau saya siap di "SEDOT darah".

Sebelum proses aferesis kita diwajibkan screening, karena aferesis adalah Dondar yang "SPESIAL" jadi tidak semua bisa lolos *hehehe. Trombositnya harus bagus (tidur cukup, tidak merokok , pola makan bagus dkk), tidak mengkonsumsi narkoba, tidak sedang sakit/ minum obat, tidak sedang datang bulan/menyusui ( bagi perempuan)

Waktu screening darah kita diambil 3 cc dengan SUNTIKIKAN , yes SUNTIKAN!! My worse enemy since elementary school, kenapa? Karena saya pernah ada pengalaman trauma disuntik waktu imunisasi . Tapi saya sudah sampai di UTDP PMI Lenteng Agung ditemani oleh Wiro @Inagibol, sblm diambil darah saya sempat ragu dan ingin mundur tetapi Alhamdulillah sebelum itu saya sudah niatkan dan sambil membaca shalawat akhir nya di sedot …

Setelah disedot 3cc … lumayan , lumayan mantap maksudnya, karena waktu itu agak tegang jadi terasa senat senut (bkn promosi lagu). Proses screening berlangsung 1 hari , jadi baru besok nya tahu apakah bisa menjadi donor atau tidak. Malamnya saya berdoa semoga saya LOLOS menjadi donor$

Besok harinya diberi kabar bahwa saya LOLOS audisi (emosinya senang campur takut) hehehe, and much to my surprise langsung dapat berita Theresia drop and perlu my platelet ASAP. Jadinya habis ketahuan LOLOS langsung siap donor darah ke esokan harinya.

Donor Darah biasa hanya memakan waktu 15 menit saja , berbeda dengan Aferesis yang memerlukan waktu 1,5 JAM , karena the urgency para pendonor aferesis (DONDAR SIAGA) harus siap kapan saja jika dibutuhkan. Proses Aferesis menggunakan alat canggih di UTDP , harganya pun tidak murah satu kali prose aferesis memakan biaya 3,5jt IDR tapi melalui gerakan #BERBAGI yg dijalankan Wiro biaya tsb menjadi 2,9jt IDR.


HARI SEDOT AFERESIS

Hari dimana rasa penasaran, khawatir, takut, senang, syukur semua bercampur aduk tapi dengan niat untuk Allah , adik Theresia dan menaklukan rasa takut saya , saya pun datang ke UTDP PMI Lenteng Agung. Sebelum donor di cek up tensi dll oleh Dr Robby, sewaktu persiapan dan donor pun di jaga oleh 1 teknisi dan 1 dokter, jadi aman.

Wiro @Inagibol pun datang memberi dukungan moral , shalawat dan dengarin lagu biar relax membuat urat vena saya gak menciut jadinya gampang aja dokter untuk TUSUK jarum ke lengan kanan saya…

Sewaktu di tusuk saya tidak merasakan apa-apa , aneh .. kok ga sakit ya? Dan waktu prosesnya pun Alhamdulillah tidak terjadi eror apapun malah rekor waktu donor yang biasanya 1,5 jam jadi 1jam 15menit. Mungkin ini akibat kehendak Allah yang memang sudah saya nanti-nanti . hehehe

Sewaktu proses darah diambil, dipisah dan dikembalikan pun terasa amat cepat, apalagi kita seperti jadi raja . Waktu itu Wiro ada dan treat me as a King , huehehe. Di beliin makanan enak, cemilan enak, disuapin minum pokoknya asik banget deh. Setelah itu difoto-foto.

Setelah proses selesai , saya gak merasa pusing , kesemutan , bengkak dll tuh . semuanya normal aja, setelah makan yang udah di sediakan saya pamit pergi .

Hari yang gak akan pernah saya lupakan dimana saya mengalami keajaiban , menaklukan ketakutan saya dan membantu seseorang sekaligus. Jadi manfaatnya banyak bukan? Gak hanya untuk yang di donor tapi pendonor juga dapat manfaatnya.

Hari-Hari setelahnya saya menjadi lebih berani dalam menghancurkan mental block, serta Alhamdulillah sekarang sudah jadi @DondarSIAGA , Kapanpun ada yg membutuhkan platelet kami dan jika kami bisa dan mampu untuk bantu InsyaAllah kami para @DondarSIAGA akan meluncur ke TEKAPE UTDP PMI Lenteng Agung.

Notes : Di komunitas #BERBAGI Allah mempertemukan saya dengan banyak orang luar biasa, yang mau bersusah payah berbuat sesuatu untuk orang lain yang bahkan tidak mereka kenal. Barakallah para activist #Berbagi dan @DondarSIAGA . Semoga Allah Ridho dengan usaha kita.

Besar harapan saya banyak orang yang ingin membantu orang lain tidak hanya dengan doa dan materi tetapi dengan tindakan yang REAL dan langsung.

@alfiedo Muhammad Alfredo Valiantsi

Note:
Hingga Maret 2012 ini Masbro sudah 3 kali mendonor platelet trombosit.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar