Senin, 07 Mei 2012

Hanya 5% yg lolos sbg pendonor platelet trombosit Apheresis.

..Lagi menunggu dipanggil saat ngantri di bank..
"Mas, golongan darahnya apa?"
Yang di tanya bengong, tp lihat wajahku cengengesan dia menjawab juga :
"A"
*mungkin dia pikir saya sableng, gak kenal kok mendadak nanya golongan darah*
Saya perhatikan tubuhnya, perkiraan saya 60kg lebih. *Duh,semoga si Mas gak GR dipikir saya naksir dia*
"Boleh gak jika ada yang memerlukan darah, disedot darahnya?"
...........
Si Mas terkejut.
"Di sedot?!!"
"Maksud saya bersedia menjadi pendonor darah gak?"
Dan pembicaraan kami berlanjut.
Si Mas sudah gak berfikir saya keturunan kampret aka drakula tukang sedot darah.
Nama saya Ina Madjidhan, saya penggagas. Donor Darah Siaga Apheresis dari #gerakanBERBAGI untuk pasien Kanker terutama anak-anak..
Dimana yang diperlukan hanyalah satu atau beberapa komponen darah saja.
Donor darah melalui mesin otomatis ini disebut APHERESIS.
Tidak seperti donor darah biasa dimana screening dlakukan setelah darah pendonor diambil, sebelum dilakukan APHERESIS, pendonor di screening terlebih dahulu, diambil sample darahnya untuk mengetahui apakah bebas virus HIV, Hepatitis, dll. Dan cek hematologi untuk mengetahui apakah kualitas darahnya cukup baik untuk menjadi pendonor darah Apheresis. Screening ini memakan biaya 400rb.
Hasil screening akan keluar paling cepat 6 jam setelah screening.
Jika dinyatakan lolos screening, baru Apheresis dilakukan menggunakan mesin otomatis.
Total biaya sejumlah 3,5jt/Apheresis TIDAK dibebankan kepada pendonor.
Jika donor darah biasa hanya memakan waktu 10 menit, Aferesis memerlukan 1,5 jam - 2 jam.
Syarat pendonor darah aferesis :
•Berat Badan Min
Laki2 min 60 kg
Wanita min 55 kg
• HB
HB min 12,5
HB min 17
• Trombosit
Trombosit min 150
Trombosit max 400
• Tidak dlm pengobatan jantung, darah tinggi, kolesterol.
• Tidak sedang dlm pengobatan flu, demam, dll.
Dengan kata lain pendonor harus menjalani pola hidup sehat.
Dari 100% calon pendonor hanya 5% yang berhasil menjadi pendonor Apheresis. Akses vena yg kurang memadai, rasa takut akan jarum, keengganan membuang waktu selama hampir 2 jam dan alasan tidak mendapat izin dari kantor merupakan faktor2 diluar tak terpenuhinya persyaratan medis.

5 persen.. Hanya 5 persen yg bersedia dan mampu menolong anda, putri anda, kerabat anda atau siapapun yg memerlukan platelet trombosit darah.
Saya yakin kita bisa sepakat, jika berbicara mengenai Kanker, kita tidak perlu mengalaminya untuk peduli.
Dan menurut hemat saya, si Mas cocok sbg pendonor.
..........
Si Mas memberikan nomor kontak nya pada saya.
"Saya bersedia." Ucapnya.
Hari ini saya merasa saya telah melakukan "sesuatu". Bagaimana dg anda?
Utk menjd pegiat Dondar Siaga Gerakan Berbagi :
Email : info@gerakanberbagi.com
pin:21847C22
Utk mensupport screening darah 1 pendonor/apheresis sebesar 400rb melalui
Bank Permata
A/N Gerakan Berbagi 0701432797
atau
Bank BCA
A/N Eric Gunawan 2371528450
Ina Madjidhan
www.gerakanberbagi.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar