Kamis, 05 Agustus 2010

#BERBAGI Minggu ke 7 Emangnya Mama dapat duit ya dari #BERBAGI?

Jika waktu berbagi kegiatan BERBAGI tiba yang sudah memasuki minggu ke 7 kami jalani, sering kali putriku bertanya ,
"Ma,kenapa sih mama senang bagi-bagi sama yatim piatu? Mama dapat uang ya?"
"Gak dong,Z. Dosa dong kalau kita makan uang anak yatim piatu."
"Jadi kenapa?"
Tanya Z.

Bagaimana memberikan penjelasan yang dapat diterima anak usia 8 th? Kuceritakan isi surah AnNissa ayat 113, bagaimana Allah menyuruh kita bersedekah, berbuat baik SEMATA-MATA karena Allah SWT. Walau kulihat Z mangut-mangut tanda seolah mengerti, aku tau dia belum menangkap inti dari sedekah itu sendiri. Aku ingin dia merasakan apa yang aku rasakan saat bersedekah.. Insya Allah.


Eh! Cring! Cring!

Ilham pun datang, karena sekolah Z akan mengadakan selling day, ku ajak beberapa teman Z untuk menyumbangkan sebagian atau sepenuhnya hasil jualan di hari itu untuk anak-anak yatim piatu yang disambut antusias oleh mereka.



"Tante Inaaaa...Kok gak ada yang beli nih jualanku?" Tanya Lae,bibir manyun.

"Ayo kamu bawa ini dagangan keliling sekolah, informasikan ya pada calon pembeli kalau hasil dari dagangan ini akan disumbangkan untuk anak yatim piatu, insya Allah laku!" Ujarku sambil bergegas menaruh tray cup cakes dan permen ke tangan mereka.

Dan berlalulah ke 3 gadis kecil kami keliling sekolah dg niat yang ku tanamkan berkali-kali pada mereka "Ingat, ini untuk anak Yatim Piatu,gak apa-apa cape sedikit ya".


Kupandangi wajah teman-teman ku bercucuran keringat merapikan meja jualan anak-anak, seorang dari mereka tetap rapi dengan pakaian kantor dan sepatu high heels nya, tapi keringat bercucuran seperti lagi main tennis. Seorang lagi juga dengan pakaian kerja, berusaha keras untuk "berada disini" walaupun boss nya tak berhenti nge-PING membuatnya gelisah. Seorang lagi duduk termangu, aku tau ia sedang memikirkan administrasi sekolah yang tertunggak walau ia berusaha menyembunyikannya dan tetap memasang senyum di bibir. Seorang lagi telah kabur ke kantor tapi semalaman membantu menempel permen hiasan buat hari ini.

Dari 28 orang tua siswa, 4 orang tua siswa yang berkenan dengan program BERBAGI ini.


"Tante Inaaaaa...!" Teriakan Lae memecah lamunanku.
"Ini kita dapat 6 ribu." Ujarnya sembari melap keringat di dahinya.
"Aku cuma dapat 3 ribu,mama" Kata Z.
"HEBAAAAAT!" serentak teman2ku dan aku memuji.
"Ayo keliling lagi, semangat buat anak yatim yaaa.." Ujarku..


Tik tok tik tok .. waktu terbang... Di akhir jam 11 ku hitung jumlah uang yg terkumpul Rp. 399.500..
 

Ya Allah, ini sih judulnya tekor kalau di potong dengan minum dan makan nya anak-anak dari tadi.. Wakwkwkwkwk... Tapi dagangan habis sih, dan anak-anak tersenyum bahagia bisa menghasilkan uang yang akan mereka berikan pada anak-anak yatim piatu.
Senyum... Senyuman itu yang aku ingin mereka rasakan, Kebahagian murni dikala perbuatan kita membuat orang lain tersenyum. Dan berbalik membuat kita ikut tersenyum. Subhanallah..

Pernahkah kau rasakan, niat hati memberikan kebahagiaan bagi orang lain, eh..hadiah terbesar adalah ternyata kita menjadi lebih bahagia dari mereka karena melihat kebahagian mereka...
Ya Allah yang Maha Besar, jika airmata ku berlinang saat ini, karena aku tak kuasa menahan rasa bahagia ku di dada.
Niat baik ku terbayar kontan saat itu juga melihat anak-anak kami mengerti kebahagian sesungguhnya.

Ya, itulah BAYARAN dari Allah, kebahagian yang merupakan rahmat tak ternilai.

"Z, ingat ya..Gak usah berhitung hitung pahala kebaikan, balasan amal kebaikan itu adalah rahasia ALLAH. Z harus belajar melakukan apapun semata-mata karena Allah."

I love you my wonderful children. Semoga menjadi anak-anak soleh dan soleha.
Amien YA RAbb.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar